Sejarah Singkat Sekolah

Image

Sehubungan dengan program pemerintah dan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka kami bertiga lulusan SGPLB Negeri Surabaya :

1.     Eny Mahsusiyah (Lulusan Tahun 1993);

2.     Rustin (Lulusan Tahun 1994); dan

3.     Badiatul Hikmah (lulusan Tahun 1994)

pergi menghadap bapak Camat Ujungpangkah dan bapak kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Bpk. Abdullah Munir (Alm), serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan penggantinya (Bpk. Drs. Amano) untuk meminta izin melakukan pendataan anak-anak yang memiliki disabilitas, di desa-desa se-Kecamatan Ujungpangkah.

 

Dari hasil pendataan tersebut, Alhamdulillah semua kepala desa merespon dengan baik dan mengantarkan kami bertiga ke rumah-rumah penduduk yang memiliki anak disabilitas/Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dari hasil pendataan tersebut kami berencana mendirikan sekolah dengan meminta/bekerja sama dengan dinas pendidikan terkait. Dengan bantuan berbagai pihak akhirnya disetujui untuk didirikan sebuah sekolah bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).

 

Pada awal pendirian sekolah kami hanya mendapatkan 5 orang siswa yang berasal dari desa Pangkahwetan dan Pangkahkulon, adapun tenaga pengajar adalah kami bertiga. Dalam rangka perbaikan manajemen dan administrasi, kami mengadakan rapat pembentukan pengurus dengan melibatkan dinas/instansi pemerintah terkait, yang pada waktu itu dihariri oleh :

1.     Bapak Camat Ujungpanhkah

2.     Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ujungpangkah

3.     Orangtua/Wali murid siswa

4.     Bapak Pamong SD

 

Setelah dibentuk kepengurusan, maka pertamakali nama SLB adalah " SLB TUNAS HARAPAN". Adapun lokasi sekolah pertama kali adalah berada di Jl. Pendidikan No. 17 Pangkahkulon (Satu Lokasi dengan SDN Pangkahkulon) di bawah naungan Yayasan Dharma Wanita Kecamatan Ujungpangkah. SLB TUNAS HARAPAN berdiri pada tanggal 18 Juli 1995.

 

Pada tahun 1998 bapak Camat Ujungpangkah mengajukan proposal ke Pertamina untuk membuatkan gedung sekolah bagi SLB TUNAS HARAPAN, agar memiliki gedung sekolah sendiri dan tidak mendompleng lagi di SDN Pangkahkulon. Sebagai kepala sekolah yang di tunjuk oleh yayasan, maka saya bersama pengurus Dharma Wanita bersilaturrohmi ke Kepala Desa Pangkahkulon untuk meminta lahan atau tanah guna merealisasikan pembangunan gedung sekolah SLB.

 

Pada tanggal 9 November 2000 gedung sekolah baru untuk SLB sudah jadi dan saya diundang ikut bersama-sama sekolah reguler dalam rangka peresmian atau penandatanganan prasasti Gedung Sekolah SLB oleh Bupati Gresik. Dari situlah SLB kami berganti nama menjadi SLB DHARMA WANITA. Setelah itu kami bersama-sama siswa pindah ke gedung baru tersebut yang berada di Jl. Sitarda No. 1 Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah.

 

Dalam setiap tahunnya murid SLB DHARMA WANITA mengalami peningkatan kuantitas, hal ini dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat yang membaik, yang tidak menganggap SLB sebagai tempat sekolah anak gila lagi. Pada setiap tahunnya kami juga meningkatkan layanan dan prestasi sekolah dengan ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lomba seperti O2SN, FL2SN, OSN, dan lomba-lomba lainnya. Dan alhamdulillah sekolah kami juga mendapatkan beberapa juara pada ajang lomba-lomba tersebut. Hal ini memberikan efek yang cukup baik bagi perkembangan SLB kami, di mana kami sudah tidak lagi mencari anak-anak berkebutuhan khusus tetapi orangtua/penduduk sendiri yang dengan kesadarannya mendaftarkan anaknya yang memiliki kebutuhan khusus di lembaga kami. Hingga saat ini siswa yang bersekolah di SLB Dharma Wanita adalah berjumlah 43 anak yang berasal dari desa di kecamatan Ujungpangkah dan juga beberapa desa di kecamatan Panceng (desa Dalegen dan Campurejo) dan Paciran (desa Weru).

Visi

Terwujudnya peserta didik yang beriman kepada Allah SWT, berbudaya, kreatif, mandiri dan berprestasi sesuai dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik.

Misi

1.   Menanamkan nilai-nilai keagamaan dan mengamalkan dalam setiap aspek kehidupan peserta didik.

2.   Menanamkan budi pekerti luhur dalam bertindak dengan berlandaskan agama dan budaya bangsa.

3.   Menciptakan proses pembelajaran secara aktif, kreatif dan inovatif.

4.   Memberikan bekal keterampilan dan kecakapan hidup agar dapat mandiri dan berjiwa wirausaha.

5.   Mengembangkan bakat dan minat peserta didik agar berprestasi secara optimal.


Lagu Pandanglah Aku

Youtube Channel

Lokasi Sekolah

Alamat

Jl. Sitarda No. 1, Pangkah Kulon, Kec. Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

Email

media.slbdw@gmail.com

Nomor Telepon

081335328529

Managed By ABK Istimewa 2022.